by: CITRAWEB SOLUSI TEKNOLOGI, PT
aturan | tentang kami | kontak kami

Artikel

OSPF LSA Type

Kategori: Fitur & Penggunaan

LSA (Link State Advertisement) merupakan sebuah paket yang digunakan untuk mempertukarkan update informasi dalam jaringan OSPF. Untuk LSA ini akan dikirimkan melalui Link State Update (LSU) dari OSPF. Misal, ketika ada perubahan topologi maka router dalam jaringan OSPF akan mengirimkan LSU yang didalamnya terdapat informasi LSA.


Gambar diambil dari situs firewall.cx

Tipe-Tipe LSA

Sebenarnya pada OSPF terdapat 11 tipe LSA, namun secara umum pada OSPFv2 terdapat 7 tipe LSA. Kemudian untuk tipe tersebut diantaranya adalah:

Masing-masing LSA diatas digunakan oleh setiap router yang tergabung di area-area OSPF Network untuk melakukan update informasinya. Dan tipe LSA mana saja yang digunakan tergantung dari area OSPF yang digunakan. Dengan kata lain tidak semua tipe LSA digunakan dalam satu area OSPF.

LSA Type 1 - OSPF Router LSA

Merupakan paket LSA yang dikirimkan oleh router yang tergabung dalam area yang sama (Intra-Area) di jaringan OSPF. Dan LSA Type 1 (Router LSA) tidak akan dikirimkan keluar dari area tersebut. LSA ini digunakan untuk advertise infromasi interface dari router yang diaktifkan OSPF dan statusnya ke neighbor OSPF dalam satu area. Dan juga LSA Type 1 ini nanti berisi informasi dari Router-ID neighbor.

LSA Type 2 - OSPF Network LSA

LSA ini merupakan paket yang di-generate oleh DR (Designated Router) ke seluruh router yang terhubung secara langsung dalam satu segment. Dan LSA Type 2 akan di kirimkan ke seluruh neighbor dalam satu area dan tidak akan dikirimkan keluar dari area tersebut.

LSA Type 2 ini berisi informasi Router-ID dari perangkat router yang menjadi DR.

LSA Type 3 - OSPF Summary LSA

adalah paket yang di-generate oleh Area Border Router (ABR) yang merupakan ringkasan dari network-network dari area ospf dalam satu AS (Autonomous System) dan di advertise ke neighbor dimana ABR terpasang. Seperti yang kita ketahui ABR merupakan router yang terhubung ke lebih dari satu area. Ketika terdapat informasi dari area satu maka ABR akan mengirimkan informasi tersebut ke area yang lain menggunakan LSA Type 3 - Summary LSA.

Tidak seperti LSA Type 1 & 2 untuk LSA Type 3 ini akan di-advertise keluar area (inter-area).




LSA Type 4 - OSPF ASBR Summary LSA

LSA Type 4 adalah paket LSA yang digunakan untuk mengirimkan informasi mengenai ASBR ke area yang lain yang mana ASBR ini nanti yang akan mengadvertise eksternal route (LSA Type 5).

LSA Type 4 ini tidak di advertise langsung dan digunakan oleh ASBR dalam 'local' areanya, namun oleh ABR di setiap area dalam satu AS (Autonomous System) yang sama.

LSA Type 5 - OSPF AS External LSA

LSA Type 5 (OSPF AS External LSA) merupakan paket yang di-generate oleh ASBR (Autonomous System Boundary Router) untuk mengirimkan Redistribute-Route Eksternal ke jaringan OSPF dalam suatu AS. Eksternal Route ini merupakan informasi routing diluar jaringan AS OSPF, bisa BGP, RIP, OSPF, atau Satic route.




Metode yang digunakan untuk melakukan redistribute nantinya ada 2 cara yaitu E1 (as-type 1) dan E2 (as-type2).

LSA Type 7 - OSPF NSSA-External LSA

Tipe LSA ini digunakan oleh area OSPF yaitu NSSA (Not So Stubby Area) supaya ketika ada redistribute-route eksternal dan melewati area yang tidak support LSA Type 5 tetap dapat berjalan dengan baik.

Misal, dibanyak kasus ketika ada redistribute-route eksternal dan melewati area STUB, dimana di area ini LSA type 5 tidak didukung, maka kita bisa menggantinya dengan area NSSA.




*) NOTE:

LSA Type 6 - Multicast OSPF LSA (Group Mebership LSA) saat ini tidak di-support oleh sistem OSPF MikroTik.





Kembali ke :
Halaman Artikel | Kategori Fitur & Penggunaan