by: CITRAWEB SOLUSI TEKNOLOGI, PT
Aturan | Tentang Kami | Kontak Kami

Artikel

QoS di Mikrobits Switch PICO

Jum'at, 5 Mei 2017, 09:21:00 WIB
Kategori: Fitur & Penggunaan

Salah satu nilai lebih dari MikroBits PICO diantaranya memiliki fitur QOS dimana digunakan untuk melakukan management trafik dan paket data secara efisien. Parameter QOS pada produk ini memang tidak sekompleks Queue MikrotikOS namun dapat digunakan untuk kebutuhan QOS pada jaringan yang masih satu segmen.

Untuk fitur QoS yang ada cukup sederhana untuk diimplemntasikan pada jaringan lokal yang terhubung dalam komunikasi layer 2. Ada beberapa menu pada setting QOS di MikroBits PICO, diantaranya  yaitu QOS Mode, Port 802.1p IP/DS based, TCP/UDP Port based.

  1. QOS Mode

    Digunakan untuk menentukan metode QOS yang akan dijalankan oleh perangkat. Ada 3 mode disini, pertama FIFO (First-In-First-Out) dimana paket yang pertama masuk akan menjadi paket pertama yang keluar, menggunakan sistem antrian standart. Kedua, All-High-before-Low dimana paket dengan prioritas tingga akan diutamakan. Dan terakhir, Weight-Round-Robin atau paket dilewatkan secara random berdasarkan parameter weight.



  2. Port, 802.1p ,IP/DS based

    Dengan mengaktifkan fitur ini, maka QOS bisa dijalankan berdasarkan Port ethernet, 802.1P (QOS pada level mac-address), atau IP/DS (IP yang memiliki content (28,48,68,88,B8,C0,E0) akan diberikan prioritas lebih tinggi.



  3. TCP/UDP Port Based

    QOS yang dijalankan berbasiskan protokol TCP/UDP. Di menu ini, admin juga bisa mendefinisikan protokol dan port sesuai kebutuhan.

     



Kembali ke :
Halaman Artikel | Kategori Fitur & Penggunaan