by: CITRAWEB SOLUSI TEKNOLOGI, PT
Aturan | Tentang Kami | Kontak Kami

Artikel

Konfigurasi Dasar OSPF pada Router OS v7

Jum'at, 21 Januari 2022, 14:53:43 WIB
Kategori: Fitur & Penggunaan

Open Shortest Path First (OSPF) adalah sebuah protokol routing otomatis (Dynamic Routing) yang mampu menjaga, mengatur dan mendistribusikan informasi routing antar network mengikuti setiap perubahan jaringan secara dinamis. Pada OSPF dikenal sebuah istilah Autonomus System (AS) yaitu sebuah gabungan dari beberapa jaringan yang sifatnya routing dan memiliki kesamaan metode serta policy pengaturan network, yang semuanya dapat dikendalikan oleh network administrator. Dan memang kebanyakan fitur ini digunakan untuk management dalam skala jaringan yang sangat besar. Oleh karena itu untuk mempermudah penambahan informasi routing dan meminimalisir kesalahan distribusi informasi routing, maka OSPF bisa menjadi sebuah solusi.

OSPF termasuk di dalam kategori IGP (Interior Gateway Protocol) yang memiliki  kemampuan Link-State dan Algoritma Djikstra yang jauh lebih efisien dibandingkan protokol IGP yang lain. Dalam operasinya OSPF menggunakan protokol sendiri yaitu protokol 89.

Pada kesempatan kali ini, kami akan mencoba membahas mengenai OSPF pada RouterOS versi 7, dimana untuk konfigurasi OSPF pada versi ini terdapat sedikit penyesuaian. OSPF pada versi 7 akan dibagi menjadi 2 bagian yaitu OSPFv2 dan OSPFv3. OSPFv2 akan lebih fokus ke IPv4 dan OSPFv3 digunakan untuk IPv6.

Konfigurasi
Pada Mikrotik Router OS versi7, OSPFv3 dan OSPFv2, konfigurasinya di lakukan di satu menu yaitu /routing ospf. Saat ini, pada versi 7.1.1 stable tidak disediakan instance dan area default, sehingga ketika ingin melakukan konfigurasi OSPF pada Router OSv7, maka kita bisa membuat instance dan area terlebih dahulu.

Konfigurasi Instance
Tambahkan instance untuk mendefinisikan Router ID dan versi OSPF yang digunakan.

Konfigurasi Area
Lalu tambahkan Area yang akan kita gunakan untuk jaringan Backbone OSPF.

Selanjutnya untuk mengaktifkan ospf, kita perlu menambahkan interface template. Menu ini agak berbeda dibandingkan versi sebelumnya (v6) yang menggunakan menu Network.

Tambahkan interface template baru, dan tentukan ke interface atau network mana kita akan mengaktifkan OSPF. Kita bisa menggunakan parameter Network ATAU Interface.

Konfigurasi Interface Template

Untuk monitoring apakah ospf sudah berjalan atau tidak, kita bisa menggunakan menu Interfaces. Bisa juga menggunakan menu Neighbors untuk mengetahui kondisi pertukaran data dan state yang berjalan di OSPF.

 

Dengan konfigurasi diatas, OSPF pada versi 7 sudah berjalan dan bisa saling komunikasi. Router juga akan melakukan pertukaran informasi routing jika terdapat perubahan di jaringan.

Secara default, ketika mengaktifkan routing dynamic maka kita akan menerima seluruh informasi routing yang tersedia. Untuk mengatasi hal ini maka kita bisa mengaktifkan Routing Filter. Routing Filter pada versi 7 Mikrotik juga sedikit berbeda formatnya dengan versi 6. Detailnya sudah kami buatkan pada artikel berikut: Routing Filter pada RouterOS versi 7

 

Artikel ini dibuat pada 21 Januari 2021,

menggunakan Router OS versi 7.1.1 stable




Kembali ke :
Halaman Artikel | Kategori Fitur & Penggunaan