by: CITRAWEB SOLUSI TEKNOLOGI, PT
aturan | tentang kami | kontak kami

Artikel

Upgrade versi RouterOS melalui CAPsMAN

Kategori: Fitur & Penggunaan

CAPsMAN merupakan sebuah fitur di MikroTik yang difungsikan untuk melakukan kontrol dari perangkat wireless MikroTik (CAP) secara terpusat. Fitur cukup membantu bagi administrasi jaringan untuk melakukan konfigurasi wireless dengan banyak perangkat yang terpasang.

CAPsMAN mulai ditambahkan pada versi 6.11 dan sampai saat ini di versi 6.43 terus dikembangkan. Dan untuk saat ini pula terdapat dua versi CAPsMAN yaitu CAPsMANv1 dan CAPsMANv2. Namun dari sini ada sedikit masalah dimana CAPsMANv1 tidak support dengan CAPsMANv2. Sehingga ketika dilapangan terdapat beberapa perangkat wireless yang difungsikan sebagai CAP dan menggunakan versi yang lama maka perangkat tesebut tidak akan dapat dimanage  oleh CAPsMANv2.

Lalu, untuk mengatasi hal tersebut pada CAPsMAN versi baru ditambahkan fitur yang bisa digunakan upgrade versi CAP secara otomatis.

Konfigurasi sendiri cukup mudah, kita tinggal masuk di pengaturan 'Manage' di CAPsMAN dan menentukan beberapa parameter, yaitu 'Package Path' dan 'Upgrade Policy'.

Package Path

Merupakan folder dimana main package (.npk) untuk versi RouterOS disimpan. Jadi kita harus menambahkan main package terlebih dahulu di menu files router CAPsMAN yang digunakan oleh CAP untuk mengambil informasi versi RouterOS yang akan di-upgrade.


Upgrade Policy

Merupakan parameter yang berkaitan dengan bagaimana mekanisme upgrade yang dijalankan. Ada 3 parameter secara default, yaitu:

  • None - Mekanisme upgrade tidak dijalankan.
  • Require Same Version - Upgrade harus dilakukan, jika tidak maka perangkat CAP yang berbeda versi tidak akan dapat melakukan provisioning ke CAPsMAN. Dengan opsi ini sistem CAPsMAN akan mengirim (upload) file main package ke CAP dan mengeksekusi perintah supaya perangkat CAP melakukan reboot.
  • Suggest Same Version - Upgrade opsional, bisa dilakukan ataupun tidak. Dengan opsi ini CAPsMAN tetap akan mengirim (upload) file main package ke CAP, namun tidak menjalankan perintah reboot untuk CAP.

Dengan pilihan diatas bisa disesuaikan dengan kebutahan di masing-masing jaringan yang ada. Sebenarnya walaupun versi routerOS berbeda, selama versi CAPsMAN yang digunakan sama antara CAP dan Controller maka tidak perlu dilakukan upgrade versi. Namun jika dijaringan sudah banyak CAP yang di-manage dan sulit untuk mengetahui kompatibilitasnya, maka paling mudah jika di pilih opsi 'Required Same Version'.




Kembali ke :
Halaman Artikel | Kategori Fitur & Penggunaan