by: CITRAWEB SOLUSI TEKNOLOGI, PT
aturan | tentang kami | kontak kami

Artikel

Modifikasi Data-Rate di Wireless MikroTik (2)

Kategori: Tips & Trik

Pada artikel sebelumnya kita sudah membahas mengenai Modifikasi Data-Rate di Wireless Mikrotik. Kita melakukan pengujian Point to Point wireless (PTP) dengan menggunakan datarate up to 54Mbps dan only 54Mbps. Untuk protokol a/b/g konfigurasi datarate terletak pada tab "Data Rates" Wireless. Nah untuk protokol N dan AC maka konfigurasinya sedikit berbeda.

Data Rates pada HT MCS juga sama dengan Data Rate untuk protokol a/b/g. terdapat 2 opsi yang disediakan oleh sistem untuk mengatur "Data Rates" yaitu:

  • Default - Pemilihan data rate yang digunakan akan diatur oleh sistem secara otomatis.
  • Configured - Pemilihan data rate bisa dilakukan secara manual melalui parameter 'Basic-Rates' dan 'Supported-Rates'.

Kemudian ada beberapa ketentuan yang perlu di perhatikan mengenai Supported-Rates dan Basic-Rates, detailnya sudah kami bahas pada artikel sebelumnya yang dapat Anda lihat pada artikel kami dengan judul Modifikasi Data-Rate di Wireless Mikrotik.

Konfigurasi Data Rate protokol 802.11 n

Untuk konfigurasi datarate wireless N maka konfigurasi sudah bukan berada pada tab "Data Rates" namun ada pada tab "HT MCS", sedikit berbeda dengan wireles a/b/g, pada wireless N ini kita harus melihat tabel MCS terlebih dahulu untuk mengetahui data rate yang ingin kita gunakan.
Berikut tabel data rate wireless N:


Ketika kita menggunakan datarate "default" maka  dengan pengaturan tersebut sistem akan mencoba melakukan koneksi dengan data rate terendah ke data rate tertinggi. Untuk penggunaan Data Rate "HT MCS" dapat di lihat di tab signal - registration.


Ketika koneksi dari client tidak memungkinkan untuk menggunakan data rate maksimum, sistem akan secara otomatis menggunakan data rate dibawahnya atau yang sesuai dengan kondisi link yang ada.
Nah cara untuk melakukan custom data rate pada wireless N terletak pada tab HT MCS. Yang pertama pastikan bahwa kita sudah memilih "configured" pada tab data rates, kemudian kita bisa lakukan custom data rate wireless n pada tab HT MCS.


Tentunya kita harus menyesuaikan data rate yang kita inginkan berdasarkan tabel MCS diatas.

Konfigurasi Data Rate protokol 802.11 ac

Jika tadi kita sudah mengetahui tabel MCS data rate wireless n, Nah pada wireless ac juga memiliki tabel data rate sendiri. Berikut tabel Data Rate wireless ac:


Untuk konfigurasi data rate wireless ac dapat Anda temui pada tab "Data Rates". Konfigurasi wireless ac terletak di tab yang sama  dengan konfigurasi wireless a/b/g, namun untuk konfigurasi wireless ac terdapat pada parameter "VHT Supported MCS" dan "VHT Basic MCS".


Jika kita lihat di dalam tabel tadi terdapat MCS0-MCS23 untuk wireless n, sedangkan untuk wireless ac terdapat MCS0-MCS9.

*) Note:

MCS yang digunakan tergantung dengan jumlah chain yang dimiliki oleh perangkat, baik pada protokol 802.11 N maupun 802.11 ac. Semakin banyak chain maka semakin tinggi juga data rate yang didapatkan.
⦁    1 Chain: Support untuk MCS 0-7
⦁    2 Chain: Support untuk MCS 0-15
⦁    3 Chain: Support untuk MCS 0-23







Kembali ke :
Halaman Artikel | Kategori Tips & Trik