by: CITRAWEB SOLUSI TEKNOLOGI, PT
aturan | tentang kami | kontak kami

Artikel

Review RB450Gx4

Kategori: Fitur & Penggunaan

RB450G merupakan produk routerboard untuk SOHO yang mempunyai spesifikasi dan kemampuan cukup bagus dalam meng-handle kebutuhan jaringan yang ada. Dibanding produk routeboard SOHO yang lain RB450G menjadi pilihan untuk jaringan di kelas menengah dengan harga yang relatif terjangkau.

Dan sebagaimana produk-produk routerboard yang lain, akhirnya MikroTik mengeluarkan seri baru dari produk RB450G ini. Produk tersebut adalah RB450Gx4.




RB450Gx4 ini memiliki beberapa perbedaan yang cukup mencolok khususnya dari sisi resource hardware dibanding pendahulunya. Secara garis besar berikut ini perbandingan dari kedua router tersebut :

 
 RB450G
 RB450Gx4
 Architecture
Mipsbe
 ARM 32bit
 CPU
AR7161
 IPQ-4019
 CPU Frequency/Core
 680Mhz (1 Core)
 716MHz (4 Core)
 RAM
256MB
1GB
 PoE IN
Yes (Passive)
 Yes (802.3af/at)
 PoE Out
 No
 Yes, Eth5 (Passive)

Sedangkan untuk spesifikasi yang lain kurang lebih sama, seperti lisensi level 5, Ethernet 10/100/1000Mbps support 5 buah, Support Serial Console (RS323/DB9) Port, MicroSD Slot. Selain itu produk ini juga sudah support fitur 'Hardware Acceleration' yang sangat berguna untuk meningkatkan troughput ketika menggunakan VPN IPSec.

Test Troughput Bandwidth

Untuk uji coba performa secara sederhana, produk ini dicoba untuk melewatkan bandwidth menggunakan tool Traffic-Generator dari MikroTik. Percobaan pertama dengan menggunakan 'Plain-Configuration' yang mengimplementasikan konfigurasi basic router MikroTik.


Dari hasil percobaan produk RB450Gx4 bisa melewatkan troughput kurang lebih 800Mbps dengan CPU Load rata-rata 25%.

Percobaan kedua dilakukan dengan menambahkan beberapa rule firewall untuk mengetahui performa pada saat konfigurasi tambahan sudah diimplementasikan. Dan hasilnya sebagai berikut :



Dari capture tersebut dapat dilihat dengan ditambahkan rule firewall Rb450Gx4 mampu melewatkan 700Mbps dengan CPU Load rata-rata 30%

Dari hasil tersebut dapat disimpulkan dengan dibekali CPU 4 Core RB450Gx4 cukup mumpuni untuk digunakan pada jaringan SOHO atau jaringan sekala menengah. Hasil test bisa saja berbeda tergantung fitur / konfigurasi yang diimplementasikan pada masing-masing jaringan.





Kembali ke :
Halaman Artikel | Kategori Fitur & Penggunaan