by: CITRAWEB SOLUSI TEKNOLOGI, PT
Aturan | Tentang Kami | Kontak Kami

Artikel

Fitur SMS di Mikrotik

Kamis, 16 April 2015, 12:09:00 WIB
Kategori: Fitur & Penggunaan

Seperti yang kita ketahui bahwa router MikroTik dengan didukung oleh RouterOS memiliki berbagai macam fitur. Karena banyaknya fitur yang ada di MikroTik, mungkin ada beberapa fitur yang jarang digunakan. Sehingga bisa diibaratkan seperti fitur yang terlupakan. Nah, salah satu contohnya adalah fitur SMS (Short Massage Service). Kita bisa menemukan fitur tersebut pada menu “Tools”.

Walaupun tidak dijelaskan secara panjang lebar, secara umum kita telah mengetahui fungsi dari fitur tersebut. Seperti halnya sebuah layanan SMS pada perangkat handphone, fitur SMS di MikroTik juga memiliki fungsi yang sama, yaitu Mengirim/Menerima pesan SMS.
Untuk menggunakan fitur ini kita juga memerlukan sebuah koneksi ke provider telekomunikasi. Kita bisa memanfaatkan sebuah modem untuk terhubung ke provider dan juga RouterBoard yang memiliki port USB atau slot SIM 3G/4G miniPCIe.

Dengan fitur SMS ini kita bisa memanfaatkan untuk menunjang keperluan networking, diantaranya yaitu,

1. Membuat/men-disable User
2. Merubah rule Queue
3. Reset/Shutdown Router
4. Monitoring koneksi internet
5. Memberikan informasi bila ada sebuah link yang down.

Dan masih banyak lagi yang bisa kita manfaatkan dari fitur SMS ini. Kita bisa lebih fleksibel dan lebih mudah dalam memanajemen jaringan kita. Seperti contoh lain kita bisa mereboot router hanya dengan mengirim SMS ke Mikrotik. Namun, untuk dapat melakukan semua hal diatas, kita harus memadukan fitur ini dengan fitur script yang ada di MikroTik.

Untuk contoh kali ini kita akan menggunakan USB 3G Modem (Sierra AirCad) dan RB 751U (v6.26 mipsbe). Sebelumnya perlu diketahui bahwa tidak semua perangkat modem yang disupport oleh RouterOS. Kita bisa melihat perangkat modem apa saja yang telah disupport oleh RouterOS disini.

Setting 3G Modem dan SMS

Pertama, kita hubungkan modem ke port USB router. Kemudian kita cek apakah modem terhubung ke router dengan baik dan disupport oleh RouterOS. Kita bisa melihatnya melaui menu System > Resources > pilih USB. Maka akan muncul tampilan seperti berikut.

Dan kita juga bisa melihatnya menggunakan New Terminal > ketik /Port Print. Maka akan muncul tampilan seperti berikut.

Apabila kita bisa melihat informasi seperti tampilan diatas, maka USB Modem telah terhubung dan disupport oleh RouterOS.

Selanjutnya kita akan melakukan konfigurasi untuk fitur SMS. Pilih pada menu Tools > SMS.
Centang untuk opsi 'Recieve Enabled' (Ini memiliki fungsi supaya router bisa menerima SMS untuk menjalankan script atau command). Kemudian tentukan parameter untuk 'Port' pilih usb1 (Parameter ini disesuaikan dengan port usb yang aktif untuk perangkat Modem. Masing-masing router biasanya berbeda). Untuk 'Channel' bisa disesuaikan dengan perangkat modem masing-masing, karena setiap modem memiliki channel yang berbeda-beda.
Tentukan juga untuk parameter 'Secret', misal disini kita isi 696969 (Ini berfungsi sebagai password yang akan digunakan untuk menjalankan script/command ketika router menerima sebuah SMS).
Terakhir klik Apply.

Mengirim SMS melalui MikroTik

Kali ini kita akan mencoba mengirim SMS melalui Mikrotik. Caranya pun juga mudah, tinggal klik pada tombol 'Send SMS'. Kemudian kita tentukan parameter-parameter yang ada.
Pada Port dan Channel kita sesuaikan dengan konfigurasi sebelumnya.
Pada Phone Number, isikan dengan nomor yang akan dituju.
Pada SMSC, kita isikan dengan nomor SMS Center dari provider yang kita gunakan.
Pada Message, kita isikan dengan pesan yang kita kirimkan.

Selanjutnya untuk mengirim pesan tinggal klik 'Send SMS'.

Menjalankan Script/Command ketika menerima SMS

Apabila kita memilih opsi 'Receive Enabled' maka router bisa menerima SMS dan dapat kita lihat di 'Inbox' pada SMS Settings. Disamping itu, kita juga bisa menjalankan script/command pada saat router menerima SMS.
Sebagai contoh kali ini kita akan me-reboot router via SMS. Untuk konfigurasi nya adalah seperti berikut.

Pertama, kita buat sebuah script yang digunakan untuk melakukan reboot router.

 /system script

add name=reboot policy=ftp,reboot,read,write,policy,test,winbox,password,sniff,sensitive,api
 source=”/system reboot”

Setelah itu kita coba mengirim SMS dari telepon selular ke nomor SIM yang terdapat pada USB Modem dengan pola seperti berikut.

 :cmd 696969 script reboot

Penjelasan dari maksud pola SMS tersebut adalah :

:cmd – Memberikan informasi kepada router untuk melakukan eksekusi terhadap SMS tersebut.
696969 – Merupakan password yang telah kita setting sebelumnya pada 'Secret'.
script – Memberikan informasi kepada router untuk eksekusi fungsi script.
reboot – Nama dari fungsi script untuk mereboot router yang telah kita buat sebelumnya.

__________________

TIPS:

Ketika router reboot maka untuk opsi 'Receive Enabled' akan secara otomatis ter-disable. Untuk mengatasi hal ini, kita bisa memanfaatkan script & scheduler untuk mengaktifkan opsi tersebut secara otomatis.





Kembali ke :
Halaman Artikel | Kategori Fitur & Penggunaan